CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Selasa, 17 Maret 2009

Penyusunan Rancangan Pendayagunaan TIK Untuk Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran dan Pengelolaan Sekolah

Latar Belakang
Dalam rangka mewujudkan komitmen Departemen Pendidikan Nasional untuk meningkatkan partisipasi institusi sekolah dalam meningkatkan kualitas SDM khususnya sumber daya teknologi informasi Indonesia, Departemen Pendidikan Nasional perlu mengoptimalkan penggunaan TIK untuk mendukung proses belajar mengajar di sekolah. Perwujudan strategi tersebut berupa pengembangan konsep dan model sekolah yang berbasis TIK.

Konsep dan model sekolah yang berbasis TIK ini merupakan perwujutan bagi peningkatan mutu sekolah. Peningkatan mutu sekolah ini ditekankan pada pengembangan sarana, persiapan bahan pengajaran dan pelaksanaan kurikulum, pengembangan buku teks, peningkatan pelayanan penataran guru, peningkatan pembinaan guru, serta mengembangkan model pengembangan dan pelaksanaan manajemen SMU.

Pengelolaan sekolah untuk peningkatan mutu dan relevansi pendidikan di SMU menuju sekolah yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat dilaksanakan melalui penyelenggaraan pembelajaran yang bermutu, serta mendorong terwujudnya good governance dan akuntabilitas pengelolaan pendidikan berbasis TIK guna mewujudkan peningkatan efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Upaya mewujudkan sekolah berbasis TIK ini perlu melibatkan peran serta masyarakat untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia baik untuk kepala sekolah, guru, karyawan, dan para siswanya agar memiliki kualitas dan kompetensi yang mampu berkompetisi di dunia nasional dan internasional.

Terdapat beragam pendapat dari para pakar sehubungan dengan pendefinisian sekolah yang berbasis TIK yang dapat ditemui pada beberapa literatur yang ada. Secara umum sekolah yang berbasis TIK dalam konsep ini dapat didefinisikan sebagai berikut :

“Sekolah yang berbasis TIK adalah model sekolah masa depan (school of the future) yang mengintegrasikan teknologi informasi sebagai “enabler” efektifitas, efisiensi dan kemenarikan pembelajaran”.

Pada umumnya dalam implementasi konsep sekolah yang berbasis TIK tersebut menekankan pemanfaatan teknologi informasi sebagai basis strategi menciptakan SDM yang berkualitas. Munculnya sekolah yang berbasis TIK ini merupakan dampak dari solusi dalam memanfaatkan dan mengembangkan TIK Nasional. Jadi dapat dikatakan bahwa sekolah ini bukan merupakan bentuk sekolah baru, melainkan hanya mengembangkan sekolah yang telah ada terutama dalam hal pemanfaatan TIK untuk pembelajaran. Pengembangan model sekolah yang berbasis TIK ini dilakukan di tiga sekolah yang dipilih untuk dijadikan referensi bagi sekolah lain dalam mengembangkan dan memanfaatkan TIK

sumber : http://www.pendidikan.com

0 komentar: